PPDB SD Negeri Pekanbaru, Orangtua Berbondong Daftarkan Anak Jalur Zonasi

PPDB-SD-di-pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat SD Negeri Tahun 2024 bergulir, Senin 1-4 Juli 2024. Mayoritas orangtua calon peserta didik mendaftarkan anak mereka lewat jalur zonasi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal menyampaikan, jalur zonasi mendominasi hari pertama PPDB. Total jumlah pendaftar dari jalur zonasi hingga Senin sore mencapai 5.643 orang.

Jumlah pendaftar lebih dari setengah kuota yang tersedia untuk jalur zonasi. Sedangkan kuota jalur zonasi untuk SD Negeri di Kota Pekanbaru mencapai 9.722 orang.

"Memang berbeda pendaftaran tahun ini, karena SD secara online. Tapi para calon peserta didik tetap antusias mendaftar," kata Jamal, Selasa 2 Juli 2024.

Sementara, total pendaftar hari pertama untuk PPDB SD mencapai 5.822 orang. Jumlah ini bakal terus bertambah karena pendaftaran berakhir pada 4 Juli 2024 nanti. 



"Masyarakat tetap ramai yang mendaftar, walau masih ada yang belum terlalu bisa mendaftar secara online ini," ujarnya.

Lebih jauh Jamal mengatakan, pihak sekolah siap membantu calon peserta didik yang terkendala ketika mendaftar. Ia tak menampik masih banyak yang kurang percaya diri untuk mendaftar langsung secara online.

"Makanya sekolah siap untuk membantu, apalagi ini PPDB online pertama untuk SD. Orangtua yang ragu bisa dipandu," jelasnya.

Jamal memastikan jaringan sistem PPDB hari pertama tidak ada kendala dan berlangsung lancar. Orangtua calon peserta didik bisa mendaftarkan anak-anaknya di sekolah pilihannya.

"Alhamdulillah hari ini PPDB tingkat SD, dari pantauan server dari aplikasi kita tidak ada kendala," tutupnya.