Disdik Umumkan Pendaftar PPDB SMA/SMK Negeri yang Lolos Sore ini, Cek Segera

ILUSTRASI-SMA.jpg
(BANTEN NEWS.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau sudah menutup pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Negeri. Sebanyak 97.638 calon siswa sudah mendaftarkan diri.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Riau Roni Rakhmat mengatakan, sore ini, Senin, 1 Juli 2024, para pendaftar yang lolos akan diumumkan melalui website PPDB Riau, yakni di ppdb.riau.go.id.

Pengumuman seleksi PPDB sudah bisa diakses sejak pukul 15.00 WIB. Ia menjelaskan, para pendaftar yang lolos telah melalui tahap rekonsiliasi.



"Pengumuman hasil PPDB SMA/SMK Negeri di Riau sudah kita gelar di website PPDB Riau," ujarnya.

Ia menjelaskan, seiring dengan ditutupnya PPDB untuk jenjang SMA/SMK Negeri, Disdik juga membuka jalur afirmasi atau jalur pembiayaan uang sekolah di SMA/SMK swasta.

Disdik telah bekerjasama dengan 50 sekolah swasta jenjang SMA/SMK untuk menampung para calon peserta didik yang tidak tertampung di sekolah negeri pada PPDB tahun ajaran 2024/2025. Di sekolah swasta tersebut, para peserta didik nantinya juga akan menempuh pembelajaran secara gratis sama dengan di sekolah negeri.

Tahun ini pihaknya telah bekerjasama dengan 13 SMA dan 37 SMK Swasta sebagai penerima Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) Afirmasi untuk calon siswa kurang mampu. 

"Ada kuota sebanyak 2.438 calon peserta didik yang bisa diterima melalui jalur afirmasi. Pemprov Riau telah menyiapkan anggaran lebih kurang Rp3,9 miliar untuk biaya sekolah gratis sampai tamat. Bagi siswa yang kurang mampu dan tidak bisa masuk ke sekolah negeri, dipersilahkan untuk mendaftar," pungkasnya.