97.638 Siswa Daftar PPBD SMA/SMK di Riau, Hasilnya Diumumkan Sore Ini

Ilustrasi-PPDB-Online3.jpg
(ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc via Tirto.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 97.638 orang siswa telah mendaftar di Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK negeri di Riau melalui beberapa jalur penerimaan.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, Roni Rakhmat, mengatakan pihaknya akan melakukan rekonsiliasi data sesuai jalur pendaftaran usai ditutupnya tahapan PPDB.

“Hingga pendaftaran ditutup, total pendaftar PPDB SMA/SMK di Riau sebanyak 97.638 orang,” katanya, Senin, 1 Juli 2024.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, Roni menyebut pengumuman hasil PPDB SMA/SMK negeri tahun ini akan diumumkan pada Senin, 1 Juli 2024, pukul 15.00 WIB nanti.



“Pengumuman hasil PPDB dijadwalkan Senin 1 Juli pukul 15.00 WIB melalui website PPDB Riau,” ujarnya.

Untuk siswa yang tidak tertampung di sekolah negeri pada PPBD tahun ini, Disdik Riau telah bekerjasama dengan 50 SMA/SMK swasta. Para siswa yang diterima di sekolah swasta tersebut akan menempuh pembelajaran secara gratis, seperti di sekolah negeri.

Disdik Riau tahun ini telah bekerjasama dengan 13 SMA dan 37 SMK swasta sebagai penerima Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) Afirmasi untuk calon siswa yang kurang mampu.

“Sedikitnya ada 2.438 calon peserta didik yang bisa diterima melalui jalur afirmasi. Sebab Pemprov Riau telah menyiapkan anggaran lebih kurang Rp3,9 miliar untuk biaya sekolah gratis sampai tamat,” katanya.