442 Jemaah Haji Embarkasi Batam Telah Tiba di Riau

Jemaah-haji-riau-tiba-di-pekanbaru.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 442 jemaah haji asal Riau dari embarkasi Batam mendarat di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Kota Pekanbaru.

Penerbangan pertama mendarat menggunakan pesawat reguler dari maskapai Lion Air JT239 dari Batam. Selanjutnya disusul kedatangan JT 3239 STA pada pukul 10.10 WIB dan JT237 yang mendarat sekiranya pukul 11.40 WIB. 

General Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Radityo Ari Purwoko mengatakan, seluruh jemaah tersebut langsung diangkut menggunakan lima bus ke Kantor Kanwil Kemenag Riau. 

"Untuk kedatangan jamaah haji ini Bandara SSK II telah berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait sekaligus antisipasi terhadap kondisi jamaah yang sakit ataupun kelelahan agar dapat segera ditanggulangi tim medis," ucap Radityo, Selasa, 25 Juni 2024.



Dia mengatakan, kedatangan jemaah haji pada hari ini dibagi atas tiga penerbangan reguler dengan total 442 jemaah haji. 

Sementara, untuk kepulangan seluruh jemaah haji asal Riau akan berlangsung selama 15 hari dengan total 23 flight. 

"Mereka diangkut menggunakan tiga Airline yaitu Citilink, Lion Air dan Super Air Jet. Untuk hari ini ada 442 jemaah yang terbagi 3 flight," pungkasnya. 

Ibnu Hajar, jemaah haji kloter 3 Batam asal Kabupaten Kampar, Riau, mengatakan, dirinya merasakan lega setelah melaksanakan serangkaian rukun haji di tanah suci. Sebab, cuaca musim haji tahun ini mencapai 41 derajat celcius. 

"Cuaca kemarin suhunya 41 derajat,kalau kita tidak hati-hati apalagi fisik kita sudah lemah. Kemarin ada satu orang jemaah temannya satu kamar, yang satu sudah memakai kursi roda karena fisik lemah akibat cuaca," ungkap Ibnu Hajar.