Sederet Nama ASN Pemko Pekanbaru yang Mencuat Jelang Pilwako 2024

Sekda-Pekanbaru-Indrapomi1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jelang kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Pekanbaru Tahun 2024, sejumlah nama pun bermunculan. Mereka yang hendak maju dalam Pilwako kebanyakan masih bertugas sebagai Aparatur Negeri Sipil (ASN).

Nama-nama yang maju sebagai bakal Calon Wali Kota (Cawako) Pekanbaru di antaranya, Indra Pomi Nasution. Dirinya saat ini menjabat Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru.

Ada juga sejumlah nama ASN lainnya yang bakal maju dalam Pilwako pada 27 November 2024 mendatang. Mereka yakni Ingot Ahmad Hutasuhut, Dedi Gusriadi, Zulfahmi Adrian hingga Burhan Gurning.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa mempersilakan ASN untuk maju sebagai calon wali kota maupun calon wakil wali kota. Ia menilai itu merupakan hak dari warga negara.



"Tapi begitu mendaftar kan ada persyaratan, kami juga menunggu peraturan KPU terkait pencalonan, pasca ada putusan MA," ujarnya, Rabu 26 Juni 2024.

Dirinya tidak mempermasalahkan ASN yang hendak maju, karena masih berstatus sebagai bakal calon. Saat ini pihaknya masih menunggu hasil pendaftaran calon pada Agustus nanti.

"Kalau sekarang masih statusnya bakal calon, yang kita lihat kalau sudah pendaftaran pada Agustus dan ditetapkan pada September nanti," paparnya.

Risnandar menyakinkan netralitas pada ASN  pemerintah kota pada pilwako nanti. Ia mengaku siap memberi sanksi bila ada oknum ASN terlibat politik praktis dalam pilwako nanti.