Coklit Pilkada Sudah Dimulai, KPU Pekanbaru Bekali Petugas Atribut Pengenal

coklit.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru telah menugaskan para petugas Pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih langsung kepada masyarakat jelang Pilkada 2024.

Anggota KPU Pekanbaru, Rizqi Abadi mengatakan, petugas Pantarlih yang mendatangi warga sudah dibekali dengan atribut lengkap, seperti rompi, topi, tanda pengenal dan alat tulis.  

Ia menjelaskan, coklit data pemilih dilakukan serentak se-Indonesia sejak 24 Juni 2024 hingga 24 Juli 2024 mendatang. Kepada masyarakat, diimbau agar menyiapkan data KTP dan KK saat petugas datang ke rumah.

"Secara nasional pencoklitan serentak dilakukan 24 Juni 2024. Di Pekanbaru, pencoklitan rata-rata mulai dilakukan siang kemarin setelah pantarlih dilantik dan diberikan pembekalan. Pantarlih mendatangi rumah warga. Setelah dicoklit, rumah warga selanjutnya ditempeli stiker," ujarnya.



Kepada para petugas yang telah bergerak, ia berharap dapat melaksanakan tugas coklit dengan penuh tanggung jawab. 

"Turun ke lapangan, coklit dari rumah ke rumah bukan dari rumah. Ini penting agar seluruh Warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat masuk ke dalam Daftar Pemilih dan yang tidak memenuhi syarat tidak ada lagi dalam Daftar Pemilih," tegasnya.

Sementara itu, kepada masyarakat ia mengimbau agar setiap individu mau bekerjasama dengan memberikan data dan menyediakan diri untuk dicoklit.

Ia pun mengimbau agar masyarakat dapat mempermudah kerja petugas pantarlih dalam melakukan coklit sebab ini demi kepentingan hak suara warga itu sendiri pada Pilkada mendatang.

"Jumlah Pantarlih kita di Pekanbaru sebanyak 2.718 orang dengan masa tugas selama satu bulan dari 24 Juni 2024 hingga 24 Juli 2024," pungkasnya.