Bupati dan Wakil Bupati Siak Meraih Gelar Adat Melayu dari LAM Riau

Bupati-dan-wakil-bupati-siak-digelari-datuk.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Bupati Siak Alfedri dan Wakil Bupati Siak Husni Merza menerima gelar adat dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Siak, Minggu, 9 Juni 2024 

Bupati Alfedri menerima digelari Datuk Seri Setia Amanah, sedangkan Wakil Bupati Siak Husni Merza diberi gelar Timbalan Datuk Setia Amanah. 

Prosesi penabalan gelar adat berlangsung meriah dan khidmat, di gedung LAMR Siak Sri Indrapura, Minggu 9 Juni 2024.

Pemberian gelar adat ditandai dengan penyerahan warqah berupa tanjak, selempang dan sebilah keris, dipasang langsung oleh MKA LAMR Siak, H Wan Said.

DPH LAMR Siak Datuk Seri Arfan Usman, menyampaikan bahwa  pemberian gelar adat ini sesuai berdasarkan anggaran dasar atau anggaran rumah tangga (AD/ARDT) LAM Riau.

Menurutnya, pemberian gelar adat tersebut atas dasar keberhasilan kepemimpinan keduanya sebagai bupati dan wakil bupati Siak. 


"Hari ini terbukti dari pembangunan dan inovasi yang dilaksanakan Bupati dan Wakil Bupati Siak telah meraih banyak penghargaan di tingkat provinsi maupun nasional," Kata Arfan Usman. 

Gelar ini merupakan upaya untuk menghormati dan menyematkan panggilan baik kepada yang diberi gelar sesuai adat istiadat melayu, dan sesuatu yang bersifat prioritas atau mustahak. 

Bupati Alfedri dan wakil Bupati Husni Merza berterimakasih sekali kepada LAMR Siak, telah memberikan gelar adat. 

"Saya dan Wakil Bupati Husni Merza, sangat bangga, bersyukur dan berterimakasih sekali kepada LAMR Siak telah memberikan gelar adat kepada kami," ucap Bupati Siak Alfedri. 

Ia mengatakan bahwa gelar adat ini merupakan hadiah istimewa, penghargaan yang luar biasa bagi kami, dan juga sebuah kehormatan yang besar. 

"Semoga dengan gelar adat ini kami dapat terus menjadi teladan dalam menjaga serta melestarikan budaya Melayu di Kabupaten Siak," harapnya.

Alfedri berterimakasih kepada seluruh masyarakat Siak, para sesepuh mulia, dengan penuh pengabdian mereka wariskan kebesaran budaya.

Hal senada disampaikan Wakil Bupati Siak Husni Merza Alhamdulillah,kami bersama pak Bupati Siak hari ini mendapat penambalan gelar adat oleh LAMR Kabupaten Siak, tentu ini merupakan hadiah yang istimewa dan penghargaan yang luar biasa dan juga sebuah kehormatan yang sangat besar Ungkap Husni Merza Wakil Bupati Siak ini.(Infotorial Pemda Siak)