Baliho Bermunculan, SF Hariyanto Bakal Hentikan Karier ASN dan Masuk Panggung Pilgubri?

SF-Hariyanto13.jpg
(Riau Online/Winda Turnip)

RIAU ONLINE, PEKANBARU -  Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto menunjukkan gelagat akan maju di panggung Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) periode 2024-2029. Baliho-baliho sosialisasi dirinya pun mulai bermunculan di sejumlah titik di Kota Pekanbaru.

Baliho tersebut menunjukkan gambar SF Hariyanto dengan kemeja berwarna putih sedang melambaikan tangan. Di samping gambarnya terdapat kalimat "Bersama Membangun Riau, bekerja keras, bekerja cepat dan bertindak tepat serta sudah teruji".

Kalimat tersebut seolah ia sedang mempromosikan dirinya atas kinerja yang telah ia capai selama menjabat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya sebagai Pj Gubernur Riau. Sehingga, dugaan pun bermunculan bahwa mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau tersebut akan mulai unjuk gigi di Pilkada serentak 2024.

SF Hariyanto dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, sebagai Pj Gubernur Riau pada 29 Februari 2024 lalu. Sebelum dilantik, ia berstatus sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau.


Pengamat Politik Universitas Islam Riau (UIR), Panca Setya Prihatin mengatakan, kemunculan SF Hariyanto bakal menjadi dinamika baru bagi dunia politik.

Hal ini membuat sulit untuk memastikan peta politik di Pilkada 2024. 

"Jika SF Hariyanto maju Pilgubri, maka akan ada dinamika baru. Bisa jadi yang digadang-gadang akan hilang, dan yang bergerak dalam senyap akhirnya muncul," pungkasnya.