PDIP Pekanbaru Usulkan Kharisman Risanda Bakal Wali Kota Negeri Bertuah

PDIP-Pekanbaru-Usulkan-Karisman-Rinanda-Bakal-Wali-Kota-Pekanbaru.jpg
(Dok. DCP PDIP Kota Pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Pekanbaru mengusulkan Kharisman Risanda sebagai bakal calon Wali Kota Pekanbaru kepada DPP PDIP.

Ketua Panitia Penjaringan Wali Kota DPC PDIP Kota Pekanbaru, Irwansyah mengatakan, pihaknya telah berkomitmen untuk mengusung satu nama, yakni Kharisman Risanda yang akrab disapa KR sebagai calon Wali Kota Pekanbaru dari 33 calon yang melamar ke PDIP Kota Pekanbaru.

"Setelah kita mengikuti mekanisme penjaringan Cakada (Calon Kepala Daerah) yang sesuai dengan AD/ART partai, kita putuskan bahwa dari 33 orang yang mendaftar ke PDIP Pekanbaru, kita putuskan Kharisman Risanda yang akan kita usulkan kepada DPP PDIP. Tahapan selanjutnya kita tunggu keputusan partai untuk SK mandatnya, mungkin dalam bulan ini akan keluar," ujarnya, Sabtu, 8 Juni 2024.

Ia menjelaskan, perolehan kursi PDIP Kota Pekanbaru di Pileg 2024 sebanyak tujuh kursi. Sedangkan syarat KPU, minimal harus 10 kursi agar dapat berlayar. 

"Kami (PDIP) memiliki 7 kursi hasil pemilu 2024 , syarat minimal 10 kursi untuk berlayar, tentu ini PR kita ke depan, kita butuh 3 kursi lagi. Kita juga sudah PDKT dengan partai politik lainnya," jelasnya.


Ketua DPC PDIP Pekanbaru Robin P Hutagalung dalam video konferensinya mengatakan, pihaknya siap memperjuangkan dan memprioritaskan KR untuk memenangkan Pilwako 2024. Partainya sudah melakukan komunikasi intens dengan partai lainnya di antaranya dengan Ade Hartati Rahmat yang diusulkan oleh PAN, PKS yakni Dr Ikhsan dan Golkar yakni Ida Yuliawati. Ke tiga figur ini berkemungkinan besar untuk bersanding dengan Kharisman Risanda.

Sementara itu, KR mengatakan melihat dukungan yang luar biasa dari PDI Perjuangan, ia akan bekerja lebih keras lagi untuk turun ke masyarakat sesuai dengan instruksi Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Ini menjadi tanggung jawab dan tantangan, sebagai kader kita harus lebih giat lagi bekerja ke bawah. Kita mendapatkan dukungan, sudah dideklarasikan DPC PDI Perjuangan Kota Pekanbaru, tanggung jawab besar untuk menjangkau wong cilik sesuai perintah Ketum Ibu Mega," jelasnya.

KR mengatakan untuk program yang ditawarkan ia berfokus pada kesejahteraan masyarakat. Sebab, latar belakangnya dari dunia usaha akan memudahkan untuk melihat potensi yang bisa mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

"Visi misi kita adalah kesejahteraan ekonomi masyarakat. Dengan latar belakang saya sebagai pengusaha yang berkutat pada ekonomi jadi UMKM nanti kepanjangannya Usaha Mikro kecil Miliaran, jika masyarakat sejahtera ekonominya meningkat persoalan lain akan terselesaikan seperti pendidikan kesehatan dan lainnya," jelasnya 

Hadir dalam deklarasi itu, kader DPC PDI Perjuangan Pekanbaru, anggota DPRD Pekanbaru dari Fraksi PDI Perjuangan. Mereka menyatakan tegak lurus solid memenangkan KR.