Hewan Kurban di Lingkungan OPD Pemko Pekanbaru Baru Terkumpul 1 Ekor Sapi

sapi-jokowi2.jpg
(Wayan Sepiyana/RiauOnline)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru mencatat saat ini hewan kurban yang terkumpul di lingkungan pemerintah kota baru satu ekor sapi.

"Saat ini, hewan kurban yang terkumpul baru satu ekor sapi. Itu dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD)," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Bagian Kesra Setdako Pekanbaru, Dedi Damhudi.

Mereka pun segera menggelar rapat persiapan kurban Iduladha dengan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemko Pekanbaru. Apalagi seluruh OPD sudah menyatakan kesiapannya untuk ikut berkurban.

Saat ini, tiap OPD sedang membahas di internalnya masing-masing. "OPD lain sedang mengumpulkan peserta kurbannya," ujar Dedi, Selasa 4 Juni 2024.


Menurutnya, pemerintah kota menargetkan ada peningkatan jumlah hewan kurban tahun ini. Apalagi pada Idul Adha tahun 2023 lalu, jumlah hewan kurban mencapai 29 ekor.

"Mudah-mudahan tidak jauh beda dengan tahun kemarin. Harapan kami tentu meningkat dari tahun kemarin," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru, Muhammad Firdaus menyampaikan, kebutuhan hewan kurban di Kota Pekanbaru pada momen Idul Adha 1445 H/2024 mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

Ada peningkatan kebutuhan sekitar 2,5 persen. Kebutuhan hewan kurban pada momen Idul Adha tahun lalu sekitar delapan ribu ekor. Sedangkan tahun ini estimasi jumlah hewan kurban bertambah dua ratus ekor.

"Apabila tahun tahun lalu sekitar delapan ribu ekor, tahun ini ada peningkatan 2,5 persen," ungkapnya, Selasa 21 Mei 2024.