Harga TBS di Riau Naik Mulai Besok

Petani-sawit-di-Siak2.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Perkebunan (Disbun) Riau menyebut harga Tandan Buah Sawit (TBS) di Riau umur sembilan tahun naik sebesar Rp67,70/kg dibanding pekan sebelumnya.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pengolahan Dan Pemasaran Dinas Perkebunan Provinsi Riau Defris Hatmaja, Selasa, 04 Juni 2024.

"Kenaikan harga minggu ini lebih disebabkan karena faktor naiknya harga CPO dan kernel," kata Defris, dikutip dari Antara, Selasa, 4 Juni 2024.

Dengan demikian, HARGA TBS periode 5-11 Juni 2024 tercatat sebesar Rp2.932,25/kg.


Defris menyampaikan, pihaknya bersama Dengan Tim Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Pekebun selalu berkoordinasi dalam menetapkan harga TBS. Hal ini dilakukan untuk perbaikan Tata kelola agar Penetapan harga sesuai Dengan regulasi Dan berkeadilan.

“Komitmen bersama ini pada akhirnya tentu akan berimbas pada peningkatan pendapatan petani yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Defris menambahkan, Dinas Perkebunan Provinsi Riau bersama tim penetapan harga juga telah melaksanakan rapat penetapan harga Pada Selasa, 4 Juni 2024. 

Berdasarkan hasil penetapan harga TBS kelapa sawit penetapan minggu ke 19 tahun 2024 (periode 5-11 Juni 2024) telah menggunakan tabel rendemen harga baru hasil kajian dari PPKS Medan yang disepakati oleh Tim untuk kenaikan harga tertinggi berada di kelompok umur 9 tahun sebesar Rp67,70/Kg atau mencapai 2,36 persen dari harga minggu lalu. (ANTARA)