Catat, Jadwal Pendaftaran PPDB SMA/SMK Negeri di Riau

Ilustrasi-siswa-SMASMK.jpg
(Via Ombudsman RI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK Negeri sederajat di Provinsi Riau akan dimulai pada Juni 2024 mendatang. Pra pendaftaran akan dilaksanakan pada 21-24 Juni 2024.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, Roni Rakhmat, mengatakan pada tahapan pra pendaftaran, peserta didik sudah dapat mengaktivasi akun pendaftataran di aplikasi PPDB Online.

Pra pendaftaran PPDB mengharuskan calon peserta didik untuk mengunggah dokumen-dokumen yang menjadi persyarakat PPDB di aplikasi yang sudah dipersiapkan.

Selanjutnya pada 24-29 Juni 2024, peserta didik yang sudah melakukan pra pendaftaran dapat memilih sekolah yang diinginkan. Namun untuk yang mendaftar SMK, peserta didik juga harus memilih jurusan.

"Lalu, pendaftaran PPDB online SMA/SMK negeri di akan dibuka pada tanggal 24 sampai 29 Juni 2024," kata Roni Rakhmat, Senin, 27 Mei 2024.

Namun sebelum tahapan pendaftaran PPDB dilaksanakan, sosialisasi jalur masuk dan alur pendaftaran, termasuk terkait penggunaan aplikasi PPDB dilakukan pada 10-15 Juni 2024. Kemudian, simulasi penggunaan PPDB akan dilakukan pada 18-20 Juni 2024.


PPDB SMA/SMK Negeri Provinsi Riau terdiri dari beberapa jalur yaitu zonasi data tampung 50 persen, afirmasi 15 persen, prestasi 30 persen dan perpindahan tugas orang tua 5 persen.

Sementara saat ini, kata Roni, tahapan PPDB tingkat SMA/SMK Negeri di Riau sudah memasuki tahap sosialisasi di tingkat sekolah. Sosialisasi ini dimulai sejak 2 Mei hingga 20 Juni mendatang.

Tahapan PPDB dilanjutkan pada 30 Juni 2024, yakni seleksi dan rekonsiliasi sesuai jalur pendaftaran di masing-masing.

"Hasilnya akan kita umumkan pada tanggal 1 Juli 2024. Jadi di tanggal itu nanti akan diumumkan penetapan peserta didik baru yang lulus di SMA dan SMK negeri se Provinsi Riau," sebutnya.

Peserta didik yang dinyatakan lulus selanjutnya harus melakukan pendaftaran ulang pada 6-18 Junli 2024.

Berdasarkan jadwal yang ditetapkan, hari pertama masuk sekolah bagi peserta didik baru dilaksanakan pada 9 Juli 2024 mendatang.