Pemko Pekanbaru Ajukan 600 Formasi untuk CPNS dan PPPK

Ujian-CPNS-2021-5.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kembali merekrut ratusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024 ini.

Pemko Pekanbaru akan menerima 600 calon Aparatur sipil Negara (ASN) dalam waktu dekat. Saat ini, pengajuan usulan itu sedang diproses di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). 

"Kami telah mengajukan 600 CPNS. Sebanyak 350 orang untuk PPPK dan 250 CPNS," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru Irwan Suryadi. 

Ia mengatakan, saat ini pengajuan formasi calon ASN itu sedang diproses di Kemenpan RB. Dirinya berharap agar proses penentuan formasi calon ASN itu cepat tuntas.



"Sehingga, kami bisa membuka proses penerimaan calon ASN dua bulan kemudian," harap Irwan. 

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, adanya perekrutan lantaran jumlah pegawai yang dinilai belum mencukupi. Selain itu, pemerintah kota juga sudah tiga tahun tak menerima CPNS.

"Jumlah sumber daya manusia aparatur saat ini sebanyak 7.165 pegawai. Angka ini kami peroleh berdasarkan analisis peta jabatan," jelasnya.

Dirinya menilai, secara beban kerja, jumlah tersebut masih jauh dari cukup. Oleh karena itu, Pemko Pekanbaru pun berupaya mengusulkan jumlah formasi untuk pengadaan CPNS dan PPPK.

"Kami harapkan dengan terpenuhinya seluruh komposisi pegawai di setiap struktur jabatan, makan dapat memberikan manfaat serta meningkatkan pelayanan publik untuk menunjang kemajuan pemerintah ke depan," kata Indra.