Terdampak Bencana Sumbar, Riau Upayakan Penuhi Bahan Pokok dari Aceh dan Sumut

Pedagang-cabai-di-pasar-agus-salim.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pasokan bahan pokok di Provinsi Riau turut terdampak pasca banjir bandang dan lahar dingin di sejumlah wilayah di Sumatera Barat (Sumbar).

Untuk mengatasi hal ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau upayakan pemenuhan bahan pokok seperti beras dan sayuran dari wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Riau Taufiq OH.

“Pasokan bahan pokok, seperti beras, sayur sayuran, dan lain lain diyakini terkendala ke Riau pasca banjir bandang melanda daerah itu, sehingga mengakibatkan sejumlah ruas jalan longsor dan arus lalu lintas ke Riau tidak lancar," kata Taufiq, Selasa 14 Mei 2024.



Taufiq mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk memastikan stok bahan pokok, untuk memastikan masyarakat tidak kekurangan pasokan.

Saat Ini, menurut Taufiq, stok bahan pokok di wilayah Riau cenderung masih aman. Hanya saja, Taufiq khawatir dengan pasokan cabai merah, khususnya yang berasal dari Bukittinggi.

"Kini stok bahan pokok seperti beras, telur, daging ayam hingga bawang merah dan bawang putih masih aman di Riau. Namun pasokan cabai merah berasal dari Bukittinggi dan sayuran dikhawatirkan akan mengalami kelangkaan jika akses jalan ke Sumbar masih rusak," imbuhnya. (Antara)