Idul Adha Tahun Ini, Kota Pekanbaru Butuh 10 Ribu Ekor Hewan Kurban

Lapak-hewan-kurban-di-Jalan-Lintas-Timur.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru mulai melakukan pendataan hewan kurban. Tim Distankan juga melakukan pendataan ke lapangan guna memeriksa hewan kurban yang masuk ke Pekanbaru.

Kepala Distankan Pekanbaru Muhammad Firdaus menyampaikan, jumlah kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha tahun ini masih seperti tahun lalu. Jumlahnya diperkirakan mencapai 10 ribu ekor sapi dan kambing.

"Untuk kebutuhan tahun ini, kami perkirakan masih sama dengan tahun lalu. Hewan kurban ini masuk dari berbagai daerah seperti, Palembang, Lampung, Bengkulu, Sumatera Utara, dan beberapa kabupaten di Riau," jelas Firdaus, Selasa 14 Mei 2024.

Pihaknya juga melakukan pemantauan dan pengawasan hewan kurban yang mulai berdatangan. Distankan memastikan hewan kurban tersebut sehat dan layak konsumsi.


"Kami memeriksa hewan kurban yang ada di peternak dan tempat penampungan hewan kurban. Nanti, kami melakukan pemeriksaan administrasi hingga kesehatan hewan," ulasnya.

Dirinya sudah melakukan rapat internal untuk memeriksa lokasi penampungan hewan kurban. 

"Tim sudah melakukan persiapan untuk melakukan pengecekan hewan kurban," ujarnya.

Pihaknya tidak cuma memeriksa secara administrasi hewan kurban tapi juga dari segi klinis. Firdaus menjelaskan, pemeriksaan ini juga untuk memastikan hewan kurban itu sudah mendapat vaksinasi.

Dinas meminta agar setiap hewan kurban yang masuk Kota Pekanbaru wajib memiliki dokumen kesehatan. Mereka juga bakal melakukan pengawasan hingga ke masjid atau musala yang menyelenggarakan kurban.