Banyak Lampu Jalan Padam Bikin Was-was, Warga: Takut Ada Jalan Rusak

Jalan-SM-AMin-gelap-gulita1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Lampu penerangan jalan umum (PJU) di Kota Pekanbaru yang padam menjadi keluhan masyarakat. Kondisi tersebut terlihat di kawasan Rumbai, Jalan Soekarno-Hatta, bahkan di Jalan Jenderal Sudirman.

"Kita jadi was-was kalau masih di jalan saat malam hari. Takut, bahaya juga kan kalau jalan rusak," ujar Zainal, karyawan swasta yang kerap melintasi Jalan Soekarno-Hatta, Selasa 14 April 2024.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru tak menampik ada PJU yang padam. Mereka pun terus melakukan pemantauan terhadap ruas jalan yang lampu PJU padam.

"Kami tetap memantau penyebab padamnya lampu di jalan tersebut. Karena, lampu jalan banyak yang mati itu ada di dua jalan kewenangan pusat dan Pemprov Riau," kata Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso.


Ia menyampaikan, Dishub Kota Pekanbaru mengelola 49.000 unit lampu jalan. Jumlah ini belum termasuk PJU di jalan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat dan Pemprov Riau.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemprov Riau terkait aset PJU. Hal ini agar perbaikan lampu PJU bisa dilaksanakan sesuai kewenangan masing-masing.

"Kami sudah memetakan lampu PJU yang mati. Sebagian lampu PJU yang mati sudah kami perbaiki," kata Yuliarso.

Saat ini, Dishub sudah memiliki enam unit mobil pelayanan PJU yang tersebar di 15 kecamatan. Dishub juga akan mengecek PJU di jalan protokol yang padam dengan mobil crane.