Pasca Libur Lebaran, CFD Pekanbaru Belum Buka

Pasca-Libur-Lebaran-CFD-Pekanbaru-Belum-Buka.jpg
(Laras Olivia/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Aktivitas di Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Kota Pekanbaru belum digelar. Sudah minggu kelima aktivitas CFD belum dibuka pasca Idul Fitri 1445 H.

Meski belum dibuka, masyarakat sudah beraktivitas di ruas jalan yang menjadi pusat CFD. Masyarakat tampak berolahraga, berkegiatan sosial, dan menikmati beragam kuliner yang dijajakan oleh pelaku UMKM.

Satu pengunjung, Adinal mengaku belum mengetahui jika CFD belum dibuka. Dirinya datang ke lokasi CFD untuk berolahraga bersama keluarga.

"Saya belum tahu CFD belum buka, tapi sudah ramai aktivitas masyarakat. Tapi memang jalan tidak ditutup," ujar warga Tuah Madani, Minggu 12 Mei 2024.


Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso membenarkan bahwa aktivitas CFD belum dibuka. Pihaknya bakal memberi informasi kepada masyarakat ketika penerapan CFD dilanjutkan.

Ia memastikan penerapan CFD bakal berlanjut dalam waktu dekat. "Untuk saat ini memang belum, tapi dalam waktu dekat segera kita informasikan," jelasnya.

Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih melakukan evaluasi terkait penyelenggaraan CFD. Evaluasi dilakukan untuk memperkuat koordinasi antar OPD dan pelaku UMKM yang berdagang di lokasi tersebut.

CFD Pekanbaru biasanya digelar setiap hari Minggu pagi dari jam 07.00 WIB sampai jam 09.00 WIB. Penerapan CFD di Kota Pekanbaru berlangsung sejumlah ruas jalan, yakni Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Gajah Mada dan, Jalan Cut Nyak Meutia, dan Jalan Cut Nyak Dien.