Menyumbat Drainase, Pedagang di Cut Nyak Dien Jangan Buang Sampah Sembarangan

Kadis-PUPR-Edward1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Drainase di Jalan Cut Nyak Dien menjadi salah satu lokasi yang sering dibersihkan oleh tim Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru.

Banjir kerap menggenangi kawasan tersebut saat musim hujan. Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Edward Riansyah mengatakan, banyak sampah plastik menyumbat drainase sehingga mengganggu aliran air.

"Kami rutin membersihkan drainase, agar masalah banjir dapat terurai saat curah hujan tinggi," jelasnya, Jumat 10 Mei 2024.

Tim gabungan Bidang Bina Marga mengangkat tumpukan sampah dan limbah plastik yang menyumbat drainase utama. Banyaknya sampah plastik lantaran kawasan tersebut menjadi pusat kuliner baru.



Para penggiat UMKM pun diingatkan untuk membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan. "Agar, tidak lagi sampah menjadi kendala utama drainase," imbau Edward.

Selain tumpukan sampah, tim PUPR Kota Pekanbaru juga banyak menemukan drainase dengan sedimen tinggi. Sedimen ini harus dibersihkan agar aliran air tidak meluap ke ruas jalan. 

"Ada pendangkalan drainase, sedimen seperti pasir serta sampah juga banyak di dalam parit," paparnya.

Normalisasi drainase terus dilakukan terhadap sejumlah drainase jalan raya dan kawasan lingkungan. Dinas PUPR melakukan normalisasi melalui pasukan kuning dan bantuan alat berat. 

"Kami membersihkan sampah hingga mengeruk sedimen. Hal ini memperdalam dan memperlancar aliran drainase," ungkapnya.