Masih Kekurangan Pegawai, Pemko Pekanbaru Rekrut 600 CPNS dan PPPK

PPPK2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kembali merekrut ratusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024 ini.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, adanya perekrutan lantaran jumlah pegawai yang dinilai belum mencukupi. Selain itu, pemerintah kota juga sudah tiga tahun tak menerima CPNS.

"Jumlah sumber daya manusia aparatur saat ini sebanyak 7.165 pegawai. Angka ini kami peroleh berdasarkan analisis peta jabatan," jelasnya, Jumat 12 April 2024.

Dirinya menilai, secara beban kerja, jumlah tersebut masih jauh dari cukup. Oleh karena itu, Pemko Pekanbaru pun berupaya mengusulkan jumlah formasi untuk pengadaan CPNS dan PPPK.


"Kami harapkan dengan terpenuhinya seluruh komposisi pegawai di setiap struktur jabatan, makan dapat memberikan manfaat serta meningkatkan pelayanan publik untuk menunjang kemajuan pemerintah ke depan," kata Indra.

Pemko Pekanbaru akan merekrut 250 CPNS serta 350 PPPK untuk tahun ini. Formasi yang akan direkrut lebih banyak untuk tenaga kesehatan dan guru. Kemudian, ada juga perekrutan tenaga teknis.

"Kami sudah rapat dengan BPKAD dan BKPSDM membahas kemampuan keuangan pada tahun ini. Kami akan merekrut sekitar 250 CPNS dan 350 PPPK," ujar Indra Pomi.

Sebelumnya, pada pertengahan tahun lalu, Pemko Pekanbaru mengajukan perekrutan 595 CPNS. Namun kemudian, Pemko Pekanbaru mengangkat 566 orang sebagai PPPK.

PPPK ini akan menggantikan para guru yang akan pensiun. Para guru PPPK ini akan ditempatkan di SD dan SMP negeri, tempat mereka bekerja sebagai honorer sebelumnya.