Gratis, Tol Bangkinang - XIII Koto Kampar Dibuka untuk Mudik Lebaran 2024

Tol-Bangkinang-XIII-Koto-Kampar.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jalur Tol Bangkinang - XIII Koto Kampar sepanjang 24,7 Km resmi dibuka gratis mulai Jumat, 5 hingga 16 April 2024. Pembukaan jalan tol fungsional ini untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Operasi PT Hutama Karya, Fabiant Adi Wibowo, saat rombongan Forkopimda Riau meninjau Rest Area Km 36 jalur Tol Pekanbaru-Bangkinang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pj Gubernur Riau SF Hariyanto dan Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, Kajati Riau Akmal Abbas Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca, dan pejabat lainnya.

Fabiant menjelaskan bahwa tol yang sudah operasional adalah jalur Pekanbaru di Sungai Pinang Km 27-Bangkinang. Untuk momen Idul Fitri 1445 H, difungsionalkan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar tepatnya di Desa Tanjung Alai Km 64.


"Sampai di Desa Tanjung Alai maka pengendara keluar ke jalan biasa. Tol Pekanbaru-Bangkinang Golongan I bayar Rp33.500. ToL Bangkinang-XIII Koto Kampar gratis," jelas Fabiant.

Saat ini, arus mudik di Tol Pekanbaru-Bangkinang dan Tol XIII Koto Kampar masih terpantau sepi. Kendaraan roda empat yang masuk tol tidak terlihat antre panjang.

Meski tol fungsional ini dibuka gratis, Fabiant mengimbau para pemudik untuk tetap berhati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas.

"Pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan patuhi batas kecepatan yang berlaku," pungkasnya.

Diketahui, Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar dibuka gratis dari 5 hingga 16 April 2024. Operasional tol fungsional hanya berlaku dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap hari.