Pemudik Waspada, Hujan Masih Bakal Guyur Riau di Awal April

Ilustrasi-hujan11.jpg
(Istimewa via Suara.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemudik harus meningkatkan waspada mengingat hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi mengguyur Riau hari ini, Senin, 1 April 2024.

Forecaster on Duty Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Indah DN mengatakan pada pagi hari hujan dengan bersifat lokal diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kampar, Bengkalis dan Siak. 

"Hujan tidak merata, hanya terjadi di beberapa daerah di Riau saja," ujar Indah.

Indah menjelaskan, siang hingga sore hujan diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Siak, Kampar, Kuantan Singingi dan Sebagian Kota Pekanbaru.

Disusul malam hari terjadi di Kampar, Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kota Dumai, Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi, Pelalawan, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu dan Kota Pekanbaru.


"Dini hari keadaan yang sama terjadi di sebagian wilayah Kampar, Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kota Dumai, Kuantan Singingi, Pelalawan, Indragiri Hilir,  Indragiri Hulu dan Kota Pekanbaru," jelasnya.

Lanjut Indah, BMKG mengeluarkan peringatan dini waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Dapat terjadi di sebagian wilayah Kampar, Rokan Hulu, Kepulauan Meranti, Pelalawan,  Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Siak," pungkasnya.

Sementara, suhu udara Riau berada pada 23.0 – 33.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 58 – 99 persen dan arah angin Timur Laut – Selatan  / 10 – 30  km per jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter (Rendah).