Apel Siaga Idul Fitri: Lapas Pekanbaru Siap Jaga Keamanan dan Kondusifitas

Rapat-virtual-di-kemenkumham-riau.jpg
(Dok. Lapas Pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Lapas Kelas IIA Pekanbaru melakukan Apel Kesiapan Pengamanan jelang Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 secara virtual di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Senin, 1 April 2024.

Kegiatan apel virtual ini diikuti oleh seluruh Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis (UPT), baik Pemasyarakatan maupun Imigrasi di seluruh Indonesia.

Kepala Lapas Kelas IIA Pekanbaru, Sapto Winarno beserta pejabat struktural bersama staf turut mengikuti kegiatan dari ruang Sekretariat WBBM Lapas Kelas IIA Pekanbaru.

Dirjen Pas, Reynhard Silitonga, mengapresiasi seluruh pihak atas pencapaian target pada triwulan pertama.


Reynhard berharap agar pada triwulan selanjutnya, target dapat tercapai dengan maksimal. Dirjen Pas juga berharap Kemenkumham bisa kembali mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-15 kalinya.

"Kepala UPT diminta untuk memberlakukan jadwal piket selama cuti bersama, sementara UPT Pemasyarakatan diminta untuk berkoordinasi dengan aparat terkait seperti TNI, Polri, dan Pemadam Kebakaran untuk menjaga situasi tetap kondusif," tegas Reynhard.

Terpisah, Sapto juga menyerukan kepada petugas yang melakukan mudik atau pulang ke kampung halaman untuk menjaga kesehatan dan keamanan.

"Bapak Dirjen menegaskan bahwa ukuran keberhasilan Kementerian Hukum dan HAM adalah tidak terjadinya hal-hal yang menonjol, dan meminta agar hal-hal yang menonjol segera dilaporkan agar dapat diantisipasi dengan cepat," ujar Kalapas.

"Dengan kesadaran dan kerjasama semua pihak, diharapkan Hari Raya Idul Fitri dapat berjalan dengan aman, tenteram, dan penuh keberkahan bagi seluruh umat muslim," pungkasnya.