Pekanbaru Memasuki Kemarau, Tetap Waspadai Cuaca Ekstrem

Ilustrasi-kemarau.jpg
(Foto: Shutter Stock via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kota Pekanbaru saat ini memasuki musim kemarau. Meski begitu, cuaca ekstrem diprediksi masih melanda kota. Apalagi hujan sempat melanda sebagian besar wilayah kota pada akhir pekan kemarin.

Cuaca yang tidak menentu belakangan ini memperlihatkan bahwa saat ini Kota Pekanbaru dalam cuaca ekstrem. Masih ada potensi hujan ringan dan sedang sesuai prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, Zarman Candra menyebut, pihaknya terus berkoordinasi dengan BMKG untuk memantau kondisi terkini cuaca di Kota Pekanbaru.

"Sekarang ini sebenarnya sudah masuk musim kemarau, tapi kita berada di cuaca ekstrem," ujarnya, Selasa 5 Maret 2024.

Zarman menyadari bahwa cuaca saat ini tidak bisa diprediksi. Namun masih ada potensi hujan satu pekan ke depan sehingga kondisi ini masih patut diwaspadai.


"Kami terus meminta informasi terkini dari BMKG, saat ini masih ada potensi hujan ringan dan sedang," paparnya.

Dirinya berharap hujan yang melanda satu pekan ke depan tidak berdampak sehingga menyebabkan banjir. Apalagi Kota Pekanbaru sudah mencabut status siaga serta banjir.

"Status Kota Pekanbaru saat ini, kita sudah melewati siaga darurat banjir yang berlangsung hingga 29 Februari 2024 lalu," katanya.

Pihaknya terus memantau kondisi terkini di sejumlah wilayah yang terdampak banjir. Mereka tetap melakukan pemantauan dalam kondisi cuaca ekstrem yang sulit diprediksi. 

"Status terkini kota belum bisa kita pastikan, tapi kami terus melakukan pemantauan karena cuaca ekstrem yang sulit diprediksi," tuturnya.