Disdik Riau Jalin KKS bersama BSKAP Kemendikbud Terkait Swakelola Anggaran DIPA

Disdik-Riau-tandatangani-KKS.jpg
(Winda Mayma Turnip/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau melakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama (KKS) dengan Pusat Asesmen Pendidikan, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbud Ristek, di Hotel Vertu Harmoni, Kota Jakarta, Senin-Rabu (5 s.d 7 Februari 2024).

Agenda tersebut juga dihadiri dan diikuti Disdik dari Provinsi Jambi, ⁠Kaltim, Papua Barat, Maluku Utara, ⁠Bali, DKI Jakarta, Jabar, Sulsel, Papua Selatan, Sumatera Barat dan Gorontalo.

"Kerjasama ini adalah sebagai dasar untuk membuat kesepakatan kerjasama pelaksanaan swakelola anggaran DIPA Pusat Asesmen Pendidikan 2024 tentang pelaksanaan Asesmen Skala Nasional di Daerah," ujar Kadisdik Riau, Tengku Fauzan Tambusai.


Ia menjelaskan, asesmen nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

"Tujuan Kesepakatan Kerja Sama (KKS) adalah agar pelaksanaan Asesmen Skala Nasional yg berupa Asesmen Nasional, Uji kesetaraan, survei lingkungan belajar Pendidikan Anak Usia Dini dan Asesmen Bakat Minat tahun 2024 dapat berjalan sesuai peraturan yg berlaku," jelasnya.

Penandatanganan kesepakatan kerja sama (KKS) antara Dinas Pendidikan dan Pusat Asesmen Pendidikan, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristek disaksikan oleh Kapusmendik Ibu Asrijanty, Ph.D, Inspektorat jenderal Kemendikbud bapak hartono dan Biro Umum Barang dan Jasa Kemdikbud Ibu Mila Puspitasari.