Nyaris Adu Jotos dengan Bupati Rohil, Sulaiman: Saya Tak Dianggap Selama Setahun Lebih

Wahup-Rohil1.jpg
(Wikipedia)

RIAU ONLINE - Wakil Bupati Rokan Hilir (Wabup Rohil), Sulaiman, angkat bicara setelah nyaris adu jotos dengan Bupati Rohil, Afrizal Sintong, Kamis 1 Februari 2024.

Sulaiman merasa tidak dianggap selama satu tahun lebih oleh Bupati Rohil. Sejak 2023, Sulaiman tidak pernah dilibatkan dalam berbagai kegiatan.

"Intinya, kemaren itu saya datang baik-baik untuk bertanya kepada Bupati. Kenapa nama saya tidak ada dalam undangan dan kenapa saya tidak pernah dilibatkan," kata Sulaiman, dikutip dari jaringan RIAU ONLINE, Suara.com, Jumat 1 Februari 2024.

Sulaiman mengaku keputusannya mendatangi Afrizal Sintong ke lokasi pelantikan merupakan puncak dari kekecewaannya selama ini dan kebetulan lokasi dekat dengan rumahnya.

"Sebagai wakil bupati saya tidak mau ribut-ribut. Sejak 2023 saya diam tapi kenapa diam rasanya semakin diinjak-injak dan tak dianggap," ujar Sulaiman.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa tidak ada marah-marah ataupun datang seperti orang kesurupan. Ia juga membantah terkait tudingan jika akan mempermalukan Bupati Rohil.

"Itu juga tidak betul itu, bohong itu. Selama 1 tahun saya cukup sabar. Banyak hal-hal di Kabupaten (Rokan Hilir), saya diamkan saja. Saya ingin kenyamanan Rokan Hilir, tapi kok panas karna Bupati," jelasnya.

Sulaiman memastikan bahwa dirinya tidak pernah ada maksud untuk membatalkan pelantikan. Satu-satunya alasan adalah untuk mempertanyakan langsung kepada Bupati Afrizal kenapa ia tidak dilibatkan.


"Saya tidak ada kepentingan dalam hal itu, tapi saya hanya minta hargai saya sebagai wakil. Kalau saya tidak begitu bupati tidak akan sadar. Toh buktinya acara tetap lanjut," tambahnya.

Sulaiman merasa aksi saling dorongnya dengan Bupati Rohil karena kata-katanya yang minta istri sang bupati untuk tidak ikut campur.

"Kan dalam video bisa dilihat, yang menunjuk dan marah-marah duluan kan ibu Sanimar, kemudian saya tanggapi dengan untuk tidak ikut campur," jelasnya.

"Ini bukan soal hubungan tidak harmonis, ini adalah bentuk kezaliman terhadap saya yang tak dianggap selama satu tahun lebih," sambung Sulaiman.

Sebelumnya, video Wabup Rohil dan Bupati Rohil nyaris baku hantam beredar di grup-grup aplikasi percakapan dan media sosial pada Kamis 1 Februari 2024.

Dari informasi yang dihimpun, insiden itu terjadi jelang prosesi pelantikan Pj Penghulu di Kecamatan Pekaitan.

Awalnya Afrizal dan Sulaiman tampak duduk bersebelahan di depan penari pembuka acara. Keduanya saling bicara dengan nada terus meninggi. Cekcok dan ekspresi menegangkan pun semakin terlihat.

Tak lama, dari arah kiri istri Afrizal Sintong yaitu Sanimar Afrizal terlihat juga ikut berbicara yang ditanggapi Sulaiman dengan satu hingga dua kata sembari menunjuk kearah Sanimar.

Afrizal Sintong yang terlihat tidak senang dengan yang diucapkan Sulaiman akhirnya berusaha berdiri sambil mendorong Sulaiman dengan satu tangan.

Kemudian keduanya dilerai oleh sejumlah orang yang berada di lokasi. Afrizal terlihat tetap berada di tempat duduknya, sementara Sulaiman terlihat berbicara dengan petugas keamanan di lokasi tersebut.