Nyaris Baku Hantam dengan Bupati, Ini Sosok Wakil Bupati Rohil Sulaiman

Sulaiman-Azhar.jpg
(FB Sulaiman Azhar)

RIAU ONLINE - Publik kembali menyoroti Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil), Sulaiman, setelah nyaris baku hantam dengan Bupati Rohil, Afrizal Sintong. Video keduanya bahkan viral di media sosial, Kamis 1 Februari 2024.

Dalam video itu, keduanya tengah menghadiri pelantikan sejumlah Penjabat (Pj) Penghulu di Kecematan Pekaitan, Rohil, Kamis 1 Februari 2024. Mirisnya, dua pemimpin Rohil ini melakukannya di hadapan masyarakat.

Sebelumnya, Sulaiman pernah membuat masyarakat geger setelah dipergoki bersama seorang wanita dalam kamar hotel saat penggerebekan oleh Polda Riau. Belakangan diketahui, wanita tersebut merupakan bawahan Sulaiman.

Lantas, bagaimana sosok Sulaiman sebenarnya?

Sulaiman Azhar menjabat Wakil Bupati Rohil untuk periode 2021-2024. Ia bersama Bupati Rohil, Afrizal Sintong, mengendalikan roda pemerintahan kabupaten berjuluk Negeri Seribu Kubah itu.


Anak pertama dari 8 bersaudara itu pernah menjabat Kepala Bidang Pendataan dan Pelayanan Badan Pendapatan Daerah Rohil sejak 2017 hingga 2020.

Sulaiman merupakan lulusan S1 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, jurusan Sastra Arab dan S2 Tata Negara Universitas di Riau. Sulaiman juga alumni santri pondok pesantren di Bogor dan Kuningan.

Sulaiman dan Afrizal Sintong mencalonkan diri sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Rohil periode 2021-2024. Pasangan yang dikenal AMAN ini menjanjikan perbaikan infrastruktur selama kampanye.

Visi-misi mereka mampu memikat hati masyarakat Rohil. Sulaiman dan Afrizal berhasil memenangkan Pilkada Rohil 2020, meski tidak berasal dari partai.

Keduanya dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rohil oleh Gubernur Riau, Syamsuar, di Balai Pelangi, Komplek Rumah Dinas Gubernur Riau, pada Juni 2021.

Berdasarkan Laporan Harga Kekayaaan Penyelenggara Negara (LHKPN), pria asal Kecamatan Pasir Limau Kapas itu pada 21 Desember 2022, tercatat mempunyai harta kekayaan hingga Rp 2,18 miliar, sebagaimana dilansir dari jaringan RIAU ONLINESuara.com.