14.304 Warga Terdampak Banjir di Riau Masih Mengungsi

banjir-pelalawan8.jpg
(Galery Polres Pelalawan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 14.304 warga terdampak banjir di Provinsi Riau, masih mengungsi. Banjir masih merendam pemukiman belasan ribu warga yang berlokasi di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Kabupaten Pelalawan, dan Bengkalis.

"Data kita, masih ada 4 kabupaten yang mengalami banjir di Provinsi Riau. Jumlah pengungsi mencapai 3,897 KK atau sebanyak 14.304 jiwa," ujar Kepala BPBD Provinsi Riau, M Edy Afrizal, Kamis, 1 Februari 2024.

Ia menjelaskan, para pengungsi kini masih dalam penanganan dan dibantu oleh BPBD Riau bersinergi antara Tim Satgas, TNI-Polri, serta dinas-dinas terkait.



"Kita bersama-sama masih berupaya membantu kebutuhan makan dan minum serta fasilitas pengungsian," jelasnya.

Menurutnya, distribusi bantuan bagi korban banjir di beberapa lokasi memang mengalami sejumlah kendala.  Kendala terjadi karena akses jalan yang juga terendam banjir menyulitkan kendaraan logistik ke lokasi.

"Jadi kadang terjadi keterlambatan bantuan karena kendaraan logistik juga kesulitan, harus antri juga untuk masuk. Tetapi kendala ini kita siasati dengan, apa yang bisa dibeli di kabupaten itu tidak perlu kita distribusikan dari pekanbaru," pungkasnya.