Rutan Kelas IIB Siak Sediakan 3 TPS Pemilu 2024 untuk 164 Warga Binaan

Rutan-kelas-IIB-Siak6.jpg
(Riau online/Hendra Dedafta)

RIAU ONLINE, SIAK-Rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB Siak Sri Indrapura menyediakan tiga tempat pemungutan suara (TPS) untuk 164 warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang memiliki hak pilih. 

Sebagaimana yang diketahui, hak untuk memilih dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tidak hanya terbatas pada masyarakat umum, melainkan juga bagi penduduk khusus seperti para narapidana dan tahanan yang menghuni Lapas dan Rutan.

"Dalam hal ini rutan kelas IIB Siak menjalankan proses pemilu sebagaimana mestinya, semua tahapan untuk menunjang pemilu 2024 sedang berjalan," ucap Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Pelayanan Rutan Kelas IIB Siak, Juniarti. 


Ia menjelaskan, Jumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan kelas IIB Siak seluruhnya berjumlah 720 orang. Jumlah yang memiliki hak pilih sebanyak 164.

"Ini merupakan data sementara yang sudah kita laporkan dan di-acc oleh KPU Siak, namun untuk data pastitnya itu tujuh hari menjelang pemilu, sebab hingga hari H pemilu, ada WBP yang keluar (bebas) dan masuk," terang ketua Kasubag. Petugas TPS melibatkan masyarakat setempat dibantu oleh petugas Rutan.