Sungai Sinkuang Meluap, Air Setinggi Betis "Meriahkan" Pelantikan KPPS di Kampar

Banjir-kampar3.jpg
(Dok KPU Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Luapan banjir merangsek masuk kedalam ruang pelantikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Kampar, pada Kamis, 25 Januari 2024. 

Banjir tiba-tiba menggenang saat proses pelantikan sedang berlangsung, hingga mencapai ketinggian sebetis orang dewasa. Hal tersebut, tepatnya terjadi saat pelantikan KPPS 112 di Desa Penyasawan, Kabupaten Kampar, Riau.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kampar, Firdaus yang berada di lokasi saat kejadian mengatakan, genangan banjir yang tiba-tiba ini terjadi karena meluapnya sungai Singkuang. Luapan sungai dikarenakan hujan mengguyur hampir seluruh wilayah Kampar, sejak beberapa jam sebelum agenda pelantikan dimulai. 

"Saat sedang proses pelantikan dan pembacaan narasi pengambilan sumpah KPPS, air tiba-tiba masuk dan menggenang. Hanya dalam 5-10 menit tingginya sampai sebetis sampai selutut orang dewasa," ujarnya.


Meskipun demikian, ia menjelaskan proses pelantikan tetap dilanjutkan hingga air setelah dipastikan bahwa situasi masih aman. 

"Kita tetap lanjutkan, karena untuk mencari lokasi baru juga tidak bisa dan butuh waktu lama. Ada lapangan terbuka, tapi sedang hujan, akhirnya tetap dilanjutkan," pungkasnya.