Sampah Masih Menumpuk di Sudut Kota Pekanbaru, Operator Baru Harus Gesit

Sampah-menumpuk-di-sudut-kota.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tumpukan sampah masih terlihat di sejumlah sudut ruas jalan Kota Pekanbaru, Minggu 14 Januari 2024. Kondisi ini karena sampah di Tempat Penampungan Sementara (TPS) masih ada yang belum terangkut.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun mengaku sudah memberi perintah kepada dinas terkait untuk menuntaskan permasalahan ini. Ia tak menampik masih ada timbunan sampah belum terangkut.

"Sudah kami perintahkan untuk angkut semua sampah di TPS begitu permasalahan di TPA selesai Rabu kemarin, kita desak angkat segera," tegasnya.

Muflihun sudah mengingatkan agar jangan ada lagi permasalahan di TPA Muara Fajar. Ia tidak ingin permasalahan di TPA kembali muncul sehingga mengganggu pengangkutan sampah.


Aksi pemblokiran yang berlangsung beberapa hari membuat armada angkutan tidak bisa membongkar sampah di TPA. Ia menilai aksi tersebut membuang pengangkutan sampah dari TPS jadi terkendala.

"Jangan sampai muncul gejolak di sana, kalau sudah tuntas, jangan muncul lagi permasalahan. Ini harus jadi atensi kita," ujarnya.

Muflihun juga mendesak operator yang baru supaya optimal mengangkut sampah. Apalagi ia mengaku masih menerima laporan terkait timbunan sampah di sekitar lingkungan masyarakat.

"Bekerja sesuai kontrak, terangkut semuanya bersih, ikuti isi kontrak agar sampah tidak ada lagi yang menumpuk," tegasnya.