Susuri Sungai, Kapolsek Kempas Bersama Forkopimda Cek TPS Rawan Banjir

Polsek-Kempai-tinjau-tps-rawan-banjir.jpg
(Dok. Polres Inhil)

RIAU ONLINE, INHIL - Polsek Kempas bersama Camat dan PPK Kempas, serta PPS Kelurahan/Desa, melakukan kegiatan pengecekan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di lokasi rawan banjir, Minggu, 14 Januari  2024.

Pengecekan tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan dan keamanan TPS serta telah dilakukan secara optimal guna mencegah terjadinya gangguan yang dapat mengganggu jalannya proses pemungutan suara..

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Kempas Sumitro, Ketua PPK Kempas Jawardi bersama anggota, Ketua PPS Desa Pekan Tua Martoni, Ketua PPS Desa Kerta Jaya Siti Amanah dan Ketua PPS Kel. Kempas Jaya Amanat serta Personil Polsek Kempas.

Adapun lokasi TPS yang diprediksi rawan banjir akibat air sungai pasang adalah TPS 12 Desa Pekan Tua, kemudian TPS 2 dan TPS 3 Desa Kertajaya, selanjutnya TPS 1, TPS 2 dan TPS 9 Kel. Kempas Jaya.

"Takutnya pada tanggal 14 Februari nanti hujan lebat & air sungai pasang, sehingga di prediksi TPS tersebut menjadi banjir," kata Kapolsek Kempas, AKP Mardani. 


"Tentu masyarakat terganggu, petugas TPS juga terganggu, maka koordinasi kami laksanakan sejak sekarang agar banjir atau genangan itu bisa kita antisipasi," sambungnya.

AKP Mardani mengatakan lokasi-lokasi yang diprediksi rawan banjir perlu diwaspadai, mengingat Februari mendatang diprakirakan masih dalam musim hujan.

Sementara itu, Ketua PPK Kempas, Jawardi, mengatakan ketika ada genangan air di TPS tersebut, langkah pertama yang harus dilakukan tentu melakukan evakuasi ke tempat lebih tinggi.

“Untuk itu, saat ini kami juga menyiapkan tempat-tempat alternatif, bersama pihak terkait, terutama pihak PPS kelurahan/desa,” ujarnya.

Kegiatan pengecekan TPS ini diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapan seluruh pihak terkait dalam menghadapi pelaksanaan Pemilu 2024, sehingga dapat terwujudnya Pemilu yang damai, transparan, dan berintegritas.

"Mari kita ciptakan Pemilu yang aman, nyaman, damai, dan kondusif di wilayah Kecamatan Kempas. Peran serta semua pihak, sangatlah penting dalam menjaga keamanan di TPS,” tutup AKP Mardani.