Jadi Gudang KPU, Sampah Numpuk di Halaman Gedung Sport Hall Siak

Sampah-di-depan-gedung-sport-hall.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Sampah di halaman gedung Sport Hall masih dibiarkan menumpuk dan belum diangkut, Selasa 9 Januari 2024.

"Biasanya setiap hari langsung dibuang oleh petugas kebersihan gedung Sport Hall Siak, nanti saya arahkan anggota untuk langsung buang," ucap Kepala Dinas  Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Siak, Syafrizal. 

Syahrizal menduga kemungkinan petugas kebersihan tidak tahu bahwa sampah sudah menumpuk di tong sampah. Sebab, saat ini Sport Hall Siak tengah digunakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Siak sebagai gudang logistik Pemilu 2024.

Namun, menurut sekuriti Gedung Sport Hall Siak, petugas kebersihan libur pada Sabtu dan Minggu, sehingga sampah belum diangkut. 


Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah LB3, Dinas Lingkungan hidup (DLH) Siak, Jon Efendi, mengatakan  pengangkutan sampah di Gedung Sport Hall Siak bukan tugas dari DLH Siak. 

Ia menyebut pengangkutan sampah di sana menjadi tanggung jawab petugas Gedung Sport Hall. Mereka mengantar sendiri ke TPS Bin Kontainer yang sudah disediakan.  

"DLH sudah menyediakan TSP atau Bin Kontainer di beberapa tempat di pusat Kota Siak, di antaranya berada di dekat SMAN 1 Siak, di dekat Kuburan China, di Pelabuhan Feri Belantik dan di Pasar Kamis," ungkapnya. 

Namun kemudian, sampah tersebut langsung diangkut oleh sekuriti Gedung Sport Hall Siak setelah dikonfirmasi ke Kadispora Siak. Bahkan lantai keramik Gedung Sport Hall langsung dipel.