36 Ruas Jalan Beralih ke Pemprov Riau, Pemko Pekanbaru Gesa Perbaikan Jalan Rusak

Perbaikan-jalan2.jpg
(Dok Diskominfotik Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pengaspalan ulang atau overlay ruas jalan di Kota Pekanbaru masih berlanjut di tahun 2024 ini. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru harus menggesa perbaikan jalan, apalagi 36 ruas jalan sudah beralih status menjadi kewenangan Pemprov Riau.

Alih status jalan sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Riau Nomor KPTS.7464/x/2023, Jalan Cipta Karya dan beberapa jalan di Pekanbaru berubah status kepengelolaan dari Pemko Pekanbaru menjadi Pemprov Riau.

Adapun 36 jalan yang statusnya beralih menjadi milik Provinsi Riau, di antaranya Jalan Arifin Achmad, Yos Sudarso, SM Amin, Tuanku Tambusai, Akses Siak IV. Kemudian Jalan Jendral Sudirman, Soekarno-Hatta, HR Soebrantas, Simpang Pramuka-PT SIR, Naga Sakti-Melati.

Selanjutnya Jalan Riau, Riau Ujung, Datuk Setia Maharaja, Pesantren, Simpang Pesantren-Simpang Kayu Ara, Simpang Beringin-Maredan, Simpang Air Hitam-Sungai Sibam, Hangtuah, Iman Munandar, Simpang Hangtuah-Simpang Pesantren.

Kemudian Jalan Sisingamangaraja, Sultan Syarif Kasim, M Dahlan, Diponegoro, Pattimura, Gajah Mada, Cut Nyak Dien, Ahmad Yani, M Yamin, Juanda, Adi Sucipto, Kartama, Teropong, Cipta Karya Ujung, Cipta Karya, dan Imam Bonjol.

Pemerintah Kota Pekanbaru berharap dengan beralihnya status 36 ruas jalan Pekanbaru menjadi milik Pemerintah Provinsi Riau, bisa memudahkan dalam perbaikan jalan jalan rusak.


Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun mengatakan, dengan adanya transisi ini, ia berharap, program yang sudah direncanakan oleh Pemko Pekanbaru seperti overlay bisa dilakukan oleh Pemprov Riau.

"Ada perpindahan kewenangan jalan dari pemko ke pemprov Riau. Jadi kita ada sedikit transisi. Mau tidak mau kita tidak bisa laksanakan overlay (Jalan Cipta Karya). Saya akan mencoba berdiskusi dengan sekda provinsi, semoga ini kedepan bisa dilaksanakan oleh Pemprov Riau," kata Muflihun.

Dirinya menyampaikan bahwa overlay jalan terus berlanjut hingga tahun 2024 ini. Apalagi APBD 2024 sudah disahkan lewat Paripurna Kota Pekanbaru.

"Perbaikan jalan memang masih menjadi salah satu prioritas kita, ini tentunya kita butuh dukungan dari semua lapisan masyarakat," ujarnya.

Pemerintah kota melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah melakukan pengaspalan ulang di beberapa ruas jalan. Sepanjang tahun 2023, ada 12 kilometer lebih atau 12.445 meter jalan yang telah dilakukan overlay.

Data PUPR Kota Pekanbaru, 14 ruas jalan yang sudah diperbaiki selama tahun 2023 di antaranya, Jalan Parit Indah sepanjang 1.890 meter, Dahlia 1.428 meter, Pemuda 2.277 meter, Tanjung 813 meter, Firdaus 520 meter.

Kemudian, Jalan Suka Karya 1.840 meter, Delima 1.890 meter, Paus 467 meter, Rambutan 317 meter Inpres/Kartama 619 meter. Selanjutnya Jalan Teratai 50 meter, Melur 42 meter, Serayu 250 meter, dan Jenderal 42 meter.