Waspada Banjir, Riau Masih Bakal Diguyur Hujan Hari Ini

Banjir-di-Jalan-Paus-Pekanbaru.jpg
(Tangkapan Layar/Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat masih berpotensi mengguyur Riau, Kamis 4 Januari 2024.

Forecaster on Duty Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Moh Ibnu Amiruddin, mengatakan hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi dan akan berlangsung hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau," ujar Moh Ibnu Amiruddin.

Ia menjelaskan, pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Siak, dan juga Kepulauan Meranti.

Disusul siang hingga sore hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau.


"Sedangkan malam hingga dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Kampar, Rokan Hulu, Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti, Kota Dumai dan Kota Pekanbaru," jelasnya.

Lanjut Mohamad Ibnu, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Dapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Kampar, Rokan Hulu, Kota Dumai dan juga Kepulauan Meranti pada pagi, siang, sore, malam atau dini hari," ucapnya.

Sementara, suhu udara Riau hari ini berada di angka 22.0–32.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 60–99 persen. Sementara arah angin berhembus ke Barat Laut–Timur Laut dengan kecepatan 10-30 km per jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50-1.25 m (Rendah).

Sementara itu, sejumlah wilayah Riau telah digenangi banjir setelah hujan yang mengguyur dalam sepekan terakhir.