Banjir Kepung Warga, Brimob Polda Riau Dirikan Tenda Darurat di Dua Kabupaten

Tenda-darurat-Brimob-Polda-Riau.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tingginya debit air di beberapa kabupaten/kota di Provinsi Riau membuat banjir merendam ratusan rumah warga. Sejumlah warga, terutama lansia terpaksa harus dievakuasi dari kepungan banjir.

Brimob Polda (Brimobda) Riau telah mengerahkan sejumlah personel untuk membantu proses evakuasi warga terdampak banjir di Kabupaten Rokan Hilir dan Rokan Hilir.

Dansat Brimobda Riau, Kombes Pol Dwi Yanto, mengatakan pihaknya juga mendirikan tenda darurat bagi warga yang mengungsi.

”Kami membangunkan tenda dan turunkan dapur lapangan serta membuat tanda imbauan," ujar Kombes Dwi, Kamis, 4 Januari 2024.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiagakan tim medis dari Brimbo dibantu Dinas Kesehatan untuk membantu pengobatan massal bagi warga terdampak banjir. Pasalnya, masyarakat rentan terkena penyakit di saat banjir dan musim hujan.


“Kami sudah menyiapkan tim kesehatan Brimob dan dari Dinas Kesehatan untuk membantu pengobatan bagi masyarakat korban banjir di beberapa wilayah tersebut,” sambungnya.

Hal ini ditegaskan Kombes Dwi sejalan dengan perintah Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal dalam menanggapi bencana alam di beberapa wilayah di Provinsi Riau. 

Perintah Kapolda Riau, seluruh personel Polri khususnya Polda Riau dapat memberikan pertolongan serta respon cepat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Termasuk bencana alam dan memberikan solusi dalam meminimalisir terjadinya korban dalam bencana alam,” paparnya.

Dan­sat pun mengimbau masyarakat maupun pengendara supaya tidak melintasi jalan yang digenangi banjir yang disebabkan luapan sungai. 

Dansat meminta para personel agar terus siaga dan gerak cepat apabila masyarakat membutuhkan bantuan.