Satu Rumah dan Jalan di Koto Lubuk Jambi, Kuansing Terancam Ambruk Masuk Sungai

Kondisi-jalan-yang-hampir-ambruk.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Abrasi yang terjadi di tepi Sungai Kuantan menyebabkan satu rumah dan ruas jalan Kabupaten di Desa Koto Lubuk Jambi Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing terancam ambruk masuk sungai kuantan.

Tingginya curah hujan sejak Selasa, 2 Januari 2024 tengah malam hingga Rabu, 3 Januari 2024 menambah kondisi abrasi yang terjadi di sejumlah tebing Sungai Kuantan terutama di Desa Koto Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik.

Dudi, warga Koto Lubuk Jambi, mengatakan akibat hujan yang terjadi Selasa sampai Rabu pagi membuat dua rumah dan satu kantor desa terendam banjir. Kemudian tiga rumah di Desa Koto Lubuk Jambi juga terkena longsor.

"Satu rumah yang terancam ambruk masuk sungai termasuk ruas jalan Kabupaten di Desa Koto Lubuk Jambi," kata Dudi, Rabu siang.


Kondisi longsor yang terjadi di tepi Sungai Kuantan berada tepat di pondasi pintu belakang rumah warga di daerah Tangontan, Desa Koto Lubuk Jambi.

Sementara ruas jalan yang abrasi menghubungkan antara Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik-Kecamatan Hulu Kuantan. Jalan tersebut juga akses vital dilalui masyarakat dua Kecamatan. Kondisi terkini abrasi sudah berada di tepi badan jalan kabupaten.

Warga berharap kondisi tersebut bisa secepatnya diatasi oleh Pemkab Kuansing. Mengingat jalan tersebut merupakan akses menuju dua kecamatan.