11 Pengungsi Rohingya di Dumai Diamankan, Sempat Minta Makan ke Warga

Pengungsi-rohingya-di-dumai.jpg
(ANTARA/dok)

RIAU ONLINE, DUMAI - Sebanyak 11 orang pengungsi Rohingya diamankan polisi di Kota Dumai. Belasan pengungsi Rohingya tersebut ditemukan warga di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, pada Selasa 2 Januari 2024, sekitar pukul 21.40 WIB.

Keberadaan belasan pengungsi asal Myanmar itu kemudian ditindaklanjuti Polsek Medang Kampai. Mereka lantas diamankan dari dua lokasi berbeda.

Tiga orang pengungsi Rohingya diamankan di Bengkel Aripin, Jalan Arifin Ahmad, Kecamatan Medang Kampai. Sedangkan 8 orang pengungsi lainnya, satu di antaranya balita, diamankan di rumah Opung, Jalan Arifin Ahmad, Kecamatan Medang Kampai,

Sebanyak 11 pengungsi Rohingya tersebut kemudian dibawa ke Polsek Medang Kampai untuk pengusutan lebih lanjut.


Dari hasil pemeriksaan, mereka berjalan kaki ke rumah warga bernama Arifin dan sempat meminta makan. Sedangkan, 8 pengungsi di antaranya juga dilaporkan mencari makan ke rumah warga.

Walik Kota Dumai, Paisal, mengatakan saat ini Polres Dumai dan Imigrasi tengah memproses pelimpahan ke Imigrasi Riau. Ia menyebut tempat penampungan menjadi kewenangan Pemerintah provinsi Riau.

"Kita kembalikan ke Pemerintah Provinsi Riau. Alhamdulillah teman teman dari Polres dan Imigrasi sangat sigap dan sangat kita apresiasi gerak cepat ini. Kami meminta aparatur di Kelurahan dan RT untuk memantau situasi lingkungan sekitar, terutama yang memiliki pelabuhan pelabuhan kecil," kata Paisal, Rabu 3 Januari 2024.

Sementara saat ini, 11 pengungsi Rohingya tersebut dititipkan di penginapan Imigrasi Dumai setelah menerima pelimpahan dari Polres Dumai.

Paisal mengimbau agar pengawasan di pelabuhan kecil diperketat untuk mempersempit ruang masuk bagi pengungsi Rohingya dan penjagaan lingkungan masing-masing.(ANTARA)