Rawan Longsor, Waspadai Bepergian ke Luar Kota Pekanbaru Akhir Tahun 2023

Longsor-di-Kelok-17.jpg
(ANTARA/BPBD Limapuluh Kota)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat yang hendak bepergian ke luar Kota Pekanbaru pada libur tahun baru 2024 harus berhati-hati lantaran curah hujan hingga kini masih tinggi.

Jalan lintas Sumbar-Riau via Pangkalan terputus sejak Selasa, 26 Desember 2023 dini hari akibat longsor dan banjir yang melanda Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Hingga kemarin, Polres Limapuluh Kota masih melakukan penutupan akses jalan baik dari arah Sumatera Barat menuju Riau atau sebaliknya. Akses jalan sempat dialihkan ke Teluk Kuantan-Kiliran Jao.

"Berhati-hati saat di jalan, saat ini curah hujan tinggi, kita imbau agar mengantisipasi kondisi alam," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso, Jumat 29 Desember 2023.

Kondisi cuaca sepanjang perjalanan mesti jadi perhatian bagi masyarakat Kota Pekanbaru yang hendak berlibur ke Provinsi Sumatera Barat. Selain itu, juga harus memastikan kendaraan yang hendak digunakan harus layak jalan.


Yuliarso menyebut, pihaknya bersama aparat gabungan juga siaga di sejumlah posko yang ada di Kota Pekanbaru selama momen Natal dan Tahun Baru 2024. Adanya posko juga membantu mengurai padatnya arus lalu lintas kota pada momen liburan.

Posko tersebut menyebar di empat titik untuk membantu pengamanan lalu lintas selama momen libur tahun baru. Keempat posko itu ada di depan Purna MTQ, Simpang Garuda Sakti, depan STC dan Simpang Palas.

"Kita juga melakukan langkah antisipasi lewat posko tersebut, apabila terjadi kecelakaan lalu lintas," jelasnya.

Pihaknya menyiagakan personel Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru membantu mengurai kemacetan di titik keramaian. Total ada 70 personil pengamanan lalu lintas libur akhir tahun 2023.

"Setiap posko ada dua personel yang siaga. Ada juga personel yang patroli keliling kota," tutupnya.