50 Titik Longsor Terjang Jalan Lintas Riau-Sumbar dalam 3 Hari

Longsor-di-Pangkalan.jpg
(ANTARA/HO-Basarnas)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jalan Lintas Riau-Sumatera Barat (Sumbar) diterjang longsor sejak Selasa 26 Desember 2023. Hingga Kamis 28 Desember 2023, tercatat sekitar 50 titik longsor di jalan lintas tersebut.

Tak hanya menimbun badan jalan, longsor juga menyebabkan bahu jalan amblas sehingga tidak bisa lalui. 

Sejumlah alat berat dikerahkan dan tim gabungan TNI-Polri, dinas terkait, serta masyarakat setempat bahu-membahu membersihkan material longsor yang menutupi jalan.

Sementara jalan masih ditutup. Sesekali petugas membuka akses Riau-Sumbar atau sebaliknya dengan sistem buka-tutup.


Hingga kemarin, jalan lintas Riau-Sumbar atau sebaliknya melalui Pangkalan Koto Baru sudah dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Jalan sudah bisa dilalui dengan sistem buka tutup dengan satu jalur, pengendara tetap hati-hati karena jalanan licin," imbau Polres Limapuluh Kota Sumbar di Instagram @lantas50kota.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah sudah meninjau secara langsung jalan longsor yang menyebabkan kerusakan pada jalan di Kabupaten Lima Puluh Kota tersebut 

Dalam tinjauan tersebut Gubernur Mahyeldi mengatakan, jalan ini kian sangat mengkhawatirkan, apalagi jalan ini merupakan akses utama penghubung Sumbar-Riau.

Meski sudah bisa dilalui, pengendara diimbau untuk tetap hati-hati dalam melintasi Jalan Kelok 17.