Cuaca Riau Hari Ini, Masih Bakal Diguyur Hujan

Hujan56.jpg
(Sufri Yuliardi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi mengguyur Provinsi Riau, Senin, 18 Desember 2023.

Forecaster On Duty Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Moh Ibnu Amiruddin, mengatakan pada pagi hingga siang hari, udara kabur hingga berawan menyelimuti sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Siak, Kepulauan Meranti, Pelalawan, dan Kuantan Singingi.

"Sore hingga malam hari, cuaca di sebagian besar wilayah Provinsi Riau diperkirakan cerah berawan hingga berawan dan berpotensi terjadi hujan," kata Ibnu.

Sementara dini hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi mengguyur Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Siak, Rokan Hilir, Kepulauan Meranti, Pelalawan, dan Kuantan Singingi.



Ibnu menyebut BMKG telah mengeluarkan peringatakan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir dan angin kencang.

"Peringatan ini berlaku di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Siak, dan Pelalawan. Kemudian di Kabupaten Kuantan Singingi, Rokan Hilir, Kampar, dan Kepulauan Meranti pada sore atau malam dan dini hari," sebutnya.

Sedangkan suhu udara di Riau berada di kisaran 22.0–32.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 60–99 persen. Arah angin berhembus dari Barat Laut ke Timur Laut dengan kecepatan 10-30 km per jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01–0.50 m, yang menandakan kondisi laut yang tenang," ujarnya.