Pengungsi di Pekanbaru Sudah Ratusan, Muflihun: Tempat Terbatas, Bisa Picu Bentrok

Muflihun110.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ratusan pengungsi dari berbagai negara berada di Kota Pekanbaru. Mereka tinggal di akomodasi yang menyebar di sejumlah wilayah kota. 

Jumlah pengungsi yang ada di Kota Pekanbaru mencapai 852 orang pengungsi. Banyak dari pengungsi di kota ini berasal dari Afganistan hingga Rohingya. 

"Kita sampai saat ini di Kota Pekanbaru sudah 852 pengungsi di sini, yang berasal dari berbagai negara," beber Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, Kamis 14 Desember 2023.

Ia menyebut, pemerintah kota tidak bisa menolak ketika ada rencana pemindahan pengungsi ke Kota Pekanbaru. Mereka tidak bisa menolak dengan alasan kemanusiaan.

"Kalau kita bisa menolak, ya kita memang tidak bisa. Kan ini untuk kemanusiaan," jelasnya.


Meski begitu, Muflihun menyebut bahwa saat ini tempat bagi pengungsi terbatas di Kota Pekanbaru. Apabila dipaksakan pemindahan pengungsi ke Pekanbaru dikhawatirkan bisa memicu masalah sosial baru.

"Karena tempat terbatas, bisa saja memicu bentrok dengan masyarakat. Tidak mungkin dipaksakan pindah ke sini dengan kondisi terbatas," paparnya.

Muflihun mengaku pekan lalu sudah mengikuti rapat dengan Menkopolkam secara daring bersama unsur forkopimda. Mereka membahas tanggapan pemerintah daerah terkait keberadaan pengungsi dan imigran.

Pemerintah pusat berencana menempatkan para pengungsi di pulau khusus yang menjadi lokasi bagi para pengungsi.

"Apa pun arahan pemerintah pusat kita ikut, tapi di sini kita perlu banyak pertimbangan demi keberlangsungan pengungsi itu," terangnya.