Muflihun Beberkan Konsep Pembangunan Gedung MPP yang Baru

Lahan-bekas-MPP-Pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pembongkaran gedung utama Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru yang terbakar pada Maret 2023 lalu sudah tuntas. Lahan tersebut sekarang dimanfaatkan sebagai area parkir kendaraan bagi masyarakat yang berkunjung ke MPP Pekanbaru.

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana gedung tersebut bakal dibangun kembali untuk menambah kapasitas pelayanan publik. Meski begitu, belum ada kejelasan kapan gedung baru di area MPP Pekanbaru bakal dibangun.

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun mengaku sudah menuntaskan Detailed Engineering Design (DED) dari gedung baru untuk pelayanan di MPP Pekanbaru.

"Konsep gedung MPP itu agak ke belakang dari sebelumnya, sedangkan di bagian depan ada lapangan untuk masyarakat berkumpul," ujarnya, Rabu 13 Desember 2023.


Muflihun mengatakan pemerintah kota masih belum membahas rencana pembangunan gedung itu karena anggaran yang terbatas. Pemerintah kota meminta dukungan anggaran dari Pemerintah Provinsi Riau dan juga pemerintah pusat.

"Kita memang coba minta bantuan ke pusat, ke pemprov, mudah-mudahan kita dibantu," paparnya.

Dirinya menyampaikan, untuk membangun kembali gedung utama MPP Pekanbaru butuh anggaran berkisar Rp 70 miliar. Anggaran pembangunan itu sesuai perhitungan awal kebutuhan anggaran untuk membangun kembali gedung utama MPP.

Muflihun mengaku anggaran pembangunan gedung itu cukup besar. Hal tersebut bakal jadi bahasan dalam diskusi publik untuk pembangunan gedung baru MPP Pekanbaru.

"Diskusi ini melibatkan tokoh masyarakat, akademisi dan pemuda. Kita minta masukan dari semua pihak, seperti apa konsep bangunan itu," tandasnya.