Bikin Macet, PKL di Jalan Ahmad Yani dan Agus Salim Pekanbaru Segera Ditata

Pasar-tumpah-di-ahmad-yani2.jpg
(Anisa/Magang RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pengendara yang melintasi Jalan Ahmad Yani mengeluhkan keberadaan Pasar Tumpah. Pasalnya, lalu lintas terganggu akibat aktivitas jual beli di pasar berlangsung di trotoar hingga ke jalan.

Selain itu juga banyak kendaraan pembeli yang sengaja parkir di pinggir jalan, menyebabkan jalan menjadi lebih sempit dan macet. Apalagi posisi pasar juga dekat dengan area perkantoran, rumah sakit dan sekolah.

Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian tidak menampik bahwa aktivitas di lokasi tersebut sudah mengganggu ketertiban umum. Ia menyebut, penyelesaian terhadap masalah pedagang kaki lima atau PKL di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Agus Salim, Kota Pekanbaru masih berjalan. 

Kedua ruas jalan ini bakal berlangsung penataan dan pembinaan terhadap PKL dalam waktu dekat. 

"Kalau dalam penataan itu, ada PKL yang melanggar tentu dilakukan penertiban," ujarnya, Senin 11 Desember 2023.


Dirinya mengatakan bahwa penataan PKL ini juga seiring penyusunan regulasi detil agar PKL lebih tertib lewat langkah preventif. Pihaknya juga bakal melakukan pendataan pedagang.

"Seluruh PKL harus terdata dengan baik sesuai dengan lokasi berjualannya. Jadi, terlihat yang mana daerah ada PKL dan tidak ada PKL nya. Begitu juga wilayah yang harus terjadwal tempat berjualannya," paparnya.

Data tersebut juga mempermudah tim Satpol PP bersama aparat terkait dalam penataan PKL. Mereka juga menata keberadaan pasar tumpah.

"Kita sudah sampaikan ke dinas terkait, agar pedagang pasar tumpah di Jalan Ahmad Yani bisa direlokasi, karena jalanan jadi padat. Apalagi di sana ada sekolah dan rumah sakit," sebutnya.