Kampanye Pemilu Dimulai, ASN Pekanbaru Diingatkan Harus Netral

ASN9.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Masa kampanye Pemilu 2024 sudah dimulai dan akan berlangsung hingga tanggal 10 Februari 2024 mendatang. Para Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah setempat untuk netral selama rangkaian pemilu.

Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru pun menyurati kepada semua organisasi perangkat daerah (OPD) terkait imbauan netralitas selama masa kampanye.

 

"Kita sudah bersurat ke semua OPD dan juga sudah disampaikan ke semua OPD untuk netralitas ASN menghadapi Pileg, Pemilukada dan lain-lainnya," jelas Kepala BKPSDM Kota Pekanbaru Irwan Suryadi, Rabu 29 November 2023.

 

Ia mengatakan, para ASN juga telah melakukan ikrar ASN netral yang dilakukan bersamaan dengan upacara peringatan HUT ke-52 Korpri. Deklarasi netral ASN juga disaksikan KPU dan Bawaslu.

 

Lebih jauh ia menyampaikan, ikrar tersebut menegakkan prinsip netralitas ASN, melaksanakan fungsi pelayanan tetap selama maupun setelah pemilu, selanjutnya menghindari konflik kepentingan.

 

Para ASN juga diinginkan tidak melakukan semacam praktik intimidasi dan ancaman kepada seluruh elemen masyarakat dan juga pada salah satu pasangan calon tertentu.


 

"Kemudian bijak menggunakan media sosial, gunakan medsos secara baik dan bijak, supaya tidak menimbulkan ujaran kebencian atau berita bohong," paparnya.

 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan pentingnya netralitas ASN dalam mengawal Pemilu. Hal tersebut ia sampaikan saat memberikan arahan kepada para Pj Kepala Daerah di Istana Negara, Senin 30 Oktober 2023.

 

"Saya minta jangan sampai memihak. Itu dilihat, hati-hati, Bapak-Ibu dilihat. Mudah sekali, kelihatan Bapak-Ibu memihak atau ndak. Krik, sudah, dan juga, pastikan ASN itu netral," kata Jokowi.

 

Jokowi juga berpesan agar Pj kepala daerah memastikan suasana kondusif menjelang Pemilu. Karena itu, segala percikan-percikan yang dapat memicu konflik agar diselesaikan.

 

"Terakhir jaga kerukunan di tingkat bawah. Segera selesaikan kalau ada percikan-percikan yang berkaitan dengan politik. Selesaikan dengan baik," sebutnya.