Ibu Muda di Pelalawan Melahirkan dalam Speedboat saat Perjalanan ke Rumah Sakit

Ibu-melahirkan-di-speedboad.jpg
(Tangkapan Layar/Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Seorang ibu muda, Nor Zila Paninisdya Sari (22), melahirkan bayi perempuan di dalam speedboat di Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan. Peristiwa ini pun viral di media sosial.

Dalam video 2 menit 12 detik tersebut, terlihat dokter dan perawat membantu proses persalinan seorang ibu dalam perjalanan.

Awalnya, Sari hendak dirujuk dari Puskesmas Kuala Kampar menuju Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Namun, bayi perempuan itu lahir di perjalanan. 

"Rencananya, Sari dijadwalkan operasi sesar di salah satu rumah sakit di Tanjung Balai Karimun pada Desember mendatang, belum sampai harinya, pasien sudah merasakan sakit dan mau melahirkan," ujar Dokter Puskesmas, Yosi Novita, Rabu, 29 November 2023.

Pasien merasakan sakit pada Minggu 26 November 2023, dan datang ke Puskesmas Kuala Kampar.


"Pasien kami lakukan pemeriksaan dan USG juga, hasilnya baik. Cuma karena anak pertama lahir dengan tindakan operasi, kemudian umur anaknya kurang dari dua tahun, jarak persalinan dari pertama yang kedua ini, jadi itu perlu persalinan dengan dokter spesialis," ungkapnya.

Pasien harus dirujuk ke rumah sakit di Tanjung Balai Karimun, karena puskesmas tidak ada dokter spesialis dan alat medis kurang memadai. 

Selain itu, jarak tempuh ke Tanjung Balai Karimun lebih dekat ketimbang dibawa ke rumah sakit di Pelalawan atau ke Pekanbaru.

"Belum sampai ke rumah sakit, Sari melahirkan di speedboat dengan bantuan kami," singkatnya.

bayi perempuan yang lahir dengan berat berat 2,60 kilogram dan panjangnya 49 cm merupakan anak kedua Sari.

"Alhamdulillah ibu beserta bayi melahirkan dengan selamat," kata Yosi Novita.

Saat ini, ibu dan anak itu sudah berada di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.