Jalan Harus Mulus Sebelum Akhir Tahun, PDAM Tirta Siak Digesa Bereskan Pekerjaan

Lubang-bekas-proyek-galian1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kerusakan jalanan kota pasca proyek galian pipa Perumdam Tirta Siak Pekanbaru masih terlihat di beberapa titik. Seperti di Jalan Jenderal Sudirman, ada lubang bekas galian belum kunjung direkondisi, Kamis 23 November 2023.

Jalan yang belum ditambal tersebut diberi garis penanda. Para pekerja masih tampak menggali di ruas jalan dengan berat. Mobilitas pengendara pun terganggu saat jam-jam padat kendaraan.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, mengingatkan kontraktor segera menutup kembali bekas galian proyek. Apalagi lubang galian itu berada di Jalan Protokol Jenderal Sudirman.

"Jalan-jalan Kota Pekanbaru bekas galian PDAM harusnya sudah mulus sebelum akhir tahun 2023 ini," tegas Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Edwar Riansyah.


Menurutnya, lubang bekas galian PDAM belum kunjung diperbaiki lantaran ada tahapan yang harus dilalui. Selain itu, aktivitas galian pipa air bersih hingga kini juga masih berlangsung.

"Jadi ada tiga tahap, pertama pengerasan, kedua basenya, dan ketiga baru aspalnya. Ini belum selesai. Ada metode pengerjaannya, beberapa minggu juga itu," paparnya.

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru hanya bisa memonitoring dan mengingatkan kepada kontraktor karena tidak mengawasi langsung terhadap proyek tersebut. Namun kontraktor teta harus menggesa perbaikan jalan jelang akhir tahun. 

"Kita berharap kepada mereka ya sebelum akhir tahun ini kan. Sudah kita ingatkan, kita kan memonitoring, bukan mengawasi mereka langsung. Karena kita selaku pemerintah kota mengingatkan," tutupnya.