Dishub Kejar Rp 4 Miliar Lagi dari Total Capaian Jasa Layanan Parkir Rp 16 Miliar

uang28.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru mesti mengebut pendapatan daerah dari jasa layanan parkir jelang akhir tahun 2023 ini. Target capaian jasa layanan parkir pada tahun 2023 mencapai Rp 16 miliar.

 

Saat ini jumlah pendapatan jasa layanan parkir sudah mencapai Rp 12,275 miliar. Mereka berupaya memperoleh Rp 4 miliar lagi dari target capaian pendapatan.

 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso menyebut, target pendapatan daerah dari jasa layanan parkir di Kota Pekanbaru mengalami kenaikan. Tahun lalu, total capaian pendapatan sekitar Rp 9,7 miliar.

 

"Untuk capaian pendapatan parkir saat ini cenderung mengalami peningkatan dibanding tahun 2022 lalu. Dari 9,7 miliar menjadi Rp 16 miliar target pada tahun 2023, ada kenaikan sekitar 40 persen, ini cukup signifikan," ujarnya, Senin 20 November 2023.

 

Dirinya menyampaikan, kenaikan pendapatan dari sektor parkir pada tahun ini berkisar 26 persen. Ia mengaku optimis capaian target pendapatan dari sektor parkir bisa tercapai.


 

Tren positif membuat target capaian pendapatan dari sektor parkir tepi jalan umum juga meningkat pada tahun ini. Ada peningkatan mencapai 40 persen dibanding target pada tahun 2022 lalu.

 

Pendapatan daerah dari sektor jasa layanan parkir meningkat seiring penerapan kenaikan tarif jasa layanan ini pada 31 Agustus 2022 silam.

 

Pengelolaan parkir saat ini di bawah naungan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dengan menggandeng pihak ketiga. Adanya BLUD tentu mendorong kejelasan pendapatan daerah dari sektor jasa layanan parkir.

 

"Untuk pelayanan juga kita tingkatkan, bila memang ada yang melanggar SOP parkir, tentu kita tindak," kata Mantan Camat Rumbai Pesisir ini.