Rp 1,2 Miliar Berhasil Terhimpun dalam Aksi Pekanbaru untuk Palestina

Aksi-bela-palestina-di-pekanbaru4.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Aksi Pekanbaru untuk Palestina digelar hari ini, Minggu 19 November 2023. Puluhan ribu warga dari berbagai lapisan meramaikan aksi bela Palestina di Jalan Gajah Mada.

Tidak sekadar aksi, ada donasi yang disumbangkan bagi masyarakat Palestina. Donasi yang dalam Aksi Pekanbaru untuk Palestina sudah mencapai Rp 1,2 miliar yang dihimpun dari berbagai pihak.

Peserta yang berdonasi dalam aksi ini berasal dari kalangan pesantren, masjid, pemerintah, instansi hingga masyarakat dari berbagai daerah. Bahkan ada yang langsung menyerahkan donasi Rp 6-10 juta.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pekanbaru sebagai penyelenggara bakal mengumumkan total hasil donasi, Senin 20 November 2023, besok. Jumlah donasi diperkirakan masih akan bertambah.


"Kita sebagai penyelenggara, per hari Senin kita umumkan total jumlah donasi yang terhimpun dalam aksi ini," ujar Sekretaris Umum MUI Pekanbaru, Erman Gani usai aksi.

Ia menyampaikan, paling lambat hari Rabu seluruh donasi bakal disalurkan ke MUI pusat. Donasi ini disalurkan ke lembaga resmi yang memiliki konektivitas ke Gaza.

"Tentu MUI dan pemerintah pusat memiliki koneksi untuk menyalurkan bantuan ini ke Gaza," ulas Ketua Panitia Penyelenggara Aksi Pekanbaru Untuk Palestina.

Kegiatan Pekanbaru untuk Palestina ini mendapat dukungan dari berbagai pihak. Ada dukungan dari kalangan pemerintah, swasta, ormas hingga masyarakat. Ia menyebut aksi ini menjadi upaya meringankan penderitaan rakyat Palestina.

"Peristiwa di Palestina tidak cuma masalah agama, tapi kemanusiaan. Oleh karena itu MUI menggelar kegiatan ini yang didukung berbagai pihak," pungkasnya.