Pekanbaru Satu dari Delapan Daerah di Riau yang Sudah Tandatangani NPHD

Rapat-NPHD2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kota Pekanbaru menjadi satu dari delapan daerah di Provinsi Riau yang sudah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) penyelanggaraan Pemilihan Wali Kota Pekanbaru tahun 2024.

Proses penandatangan sudah dilakukan bersama KPU Pekanbaru dan Bawaslu Pekanbaru pada pekan kemarin. "Kita sudah melakukan penandatangan NPHD dengan KPU dan Bawaslu terkait Pilwako tahun depan," ujar Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru, Syoffaizal, Jumat 17 November 2023.

 

Dirinya menyampaikan hal ini usai mengikuti Rapat Koordinasi Percepatan Penandatangan NPHD Kegiatan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 di Riau. Rapat berlangsung secara daring di Ruang Rapat Wali Kota Pekanbaru di Perkantoran Tenayan Raya.

 

"Jadi, kita sudah mengikuti rapat bersama Mendagri. Untuk tahapan lainnya, kita tidak ada persoalan karena NPHD sudah kita tandatangani," ulasnya.

 

Syoffaizal menuturkan, pemerintah kota sudah bersiap menyambut tahapan Pemilu 2024. Pemko Pekanbaru menjalankan peran dalam persiapan Pemilu tahun depan dengan memberi dukungan.


 

Pemerintah kota siap mendukung anggaran Penyelanggaraan Pemilu Wali Kota Pekanbaru. Proses pendataan penduduk potensial juga sudah dilakukan jelang Pemilu mendatang.

 

Para pemilih pemula dijaring untuk bisa ikut memberikan suara pada tahun 2024. Ia menjelaskan bahwa para Aparatur Sipil Negara (ASN) juga harus menjaga netralitas selama penyelanggaraan Pemilu.

 

"Kami juga siap menjaga stabilitas keamanan dan politik jelang Pemilu, agar tetap kondusif. Kami melakukan banyak sosialisasi," paparnya.

 

Syoffaizal menambahkan bahwa Komisi II DPR RI juga sudah melihat kesiapan Kota Pekanbaru menyambut Pemilu 2024. Nantinya akan digentuk Gakkumdu guna menindaklanjuti dugaan pelanggaran dalam Pemilu.

 

"Begitu juga soal logistik Pemilu, kita mencegah terjadinya gangguan kamtibmas saat Pemilu nanti," tutupnya.