Kemendagri Keluarkan Surat Permintaan Usulan Pj Gubernur Riau

Ilustrasi-gubernur.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengeluarkan surat permintaan usulan calon Pj Gubernur Riau kepada DPRD Provinsi Riau. Hal ini dibenarkan oleh Pelaksana harian (Plh) Kepala Biro Pemerintah dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Elly Wardhani, Jumat 17 November 2023. 

"(Surat permintaan usulan Pj Gubernur Riau) sudah turun. Itu suratnya ditujukan ke DPRD Riau, silakan ditanya ke DPRD Riau untuk tindaklanjutnya," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Riau Hardianto mengatakan, jika surat ini sudah diterima oleh DPRD Riau, akan segera ditindaklanjuti oleh DPRD Riau. Saat ini, usulan nama-nama calon Pj Gubernur masih dibahas di masing-masing fraksi DPRD Provinsi Riau. 

"Proses rekrutmen (Pj Gubernur) sedang proses inventarisir, baik usulan orang luar yang mengajukan diri, atau dari kawan-kawan di fraksi yang nantinya akan disampaikan kepada pimpinan DPRD Provinsi Riau," ujarnya, Jumat 17 November 2023.

Menurutnya, nantinya usulan-usulan yang diterima pimpinan akan ditinjau kembali hingga ditetapkan tiga nama untuk disampaikan kepada Kemendagri. 


"Minimal satu nama, maksimal tiga nama. Setelah itu nanti pimpinan DPRD bersepakat, usulan itu akan kami buat bersama dan diajukan ke Kemendagri," jelasnya.

Ia menjelaskan, Pj Gubri yang diharapkan DPRD Provinsi Riau adalah putra-putri dari Riau yang sudah memahami kondisi dan persoalan di Provinsi Riau. 

"Pj Gubri itu bukan berarti mengubah semua program yang ada. Pj ini kan tujuannya jangan sampai terjadi kekosongan kekuasaan. Pasca nanti Plt Gubri ini purna tugas, tentu jangan sampai kosong. Tentu Pj Gubri harus melanjutkan estafet program yang ada," jelasnya.

Sesuai Permendagri Nomor 4 Tahun 2023, DPRD Riau memiliki kewenangan untuk mengusulkan tiga nama calon Pj Gubernur Riau. Tujuannya, untuk menjadi pertimbangan Kemendagri terkait penetapan Pj Gubri yang bisa diterima masyarakat di daerahnya dan didukung masyarakat dalam melaksanakan tugasnya.

Satu dari sejumlah syarat menjadi Pj Gubri adalah pejabat eselon I. Dimana pejabat yang berpangkat eselon I di Riau adalah Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto dan Rektor Universitas Riau (Unri), Sri Indarti. Sementara itu, beredar pula nama Erwin Dimas (Staf Ahli Bappenas RI) yang diprediksi akan diusulkan sebagai putra-putri Riau untuk Pj Gubernur Riau.